Mata kuliah ini berisi bahasan tentang analisis kombinatorik, peluang, peubah acak dan distribusinya, distribusi bersama, sifat-sifat peubah acak dan fungsi peubah acak. Setelah mengikuti matakuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu menggunakan peluang dan distribusinya dalam menyelesaikan masalah sehari-hari dan masalah di bidang ilmu komputer, membuktikan teorema yang berkaitan dengan peluang, menentukan hubungan antara distribusi peluang dan menentukan nilai harapan dari peubah acak.

Metode numeric merupakan teknik-teknik yang digunakan dalam merumuskan masalah-masalah matematika, metode numeric ini juga bisa diterapkan dalam rekayasa  bidang teknik sipil yang tidak bisa diselesaikan dengan nilai pasti (eksak) sehingga perlu ada teknik pendekatan perkiraan dalam menyelesaikan masalah dengan kondisi tingkat ketelitian yang ditetapkan. Dalam handout pada pertemuan 3 Mata Kuliah Metode numeric ini mahasiswa dapat memahami kapan penggunaan metode Bisection,  Metode ini merupakan metode pendekatan untuk memperkirakan nilai suatu fungsi jika dikaitkan dengan persamaan non linier. 

Materi pada mata kuliah ini berisi tentang sejarah perkembangan Manusia, arsitektur, dan budaya. Perkembangan arsitektur yang ada menghadirkan langgam arsitektur. Langgam ini dapat dilihat dari ciri, bentuk, dan karakter arsitekturnya, serta berdasarkan sinkronik-diakronik

Matakuliah ini akan menyajikan materi mengenai bentuk Persamaan Diferensial seperti: PD orde satu, PD separable, PD eksak, PD linier homogen dan non-homogen, sistem persamaan diferensial, dan integral seperti: Integral garis riil, integral permukaan, integral garis kompleks, deret Laurent, metode integral residu, serta metode penyelesaiannya.

Matematika Teknik.pdfMatematika Teknik.pdf