Mata kuliah ini membahas konsep-konsep dasar kimia yang disampaikan secara sederhana, meliputi  pengertian tentang  sifat  kimia modern; persamaan kimia dan hasil reaksi; ikatan kimia; wujud materi; larutan; termodinamika dan termokimia, kesetimbangan kimia; asam-basa; elektrokimia; kinetika kimia; molekul organik;  senyawa kompleks dan material polimer.

Parameter keberhasilan dari suatu sistem budidaya akuakultur ialah produktifitas. Produktifitas tersebut diukur berdasarkan kuantitas dan kualitas hasil budidaya atau panen. Keberhasilan sistem budidaya sangat tergantung dari input dan proses yang digunakan. Input tersebut antara lain bibit ikan/udang yang digunakan, pakan, sarana/prasarana budidaya, dan media kualitas air pemeliharaan. Input tersebut diproses melalui sistem budidaya ekstensif, semi intensif, dan/atau intensif. Satu diantara berbagai upaya yang dapat digunakan dalam mendukung keberhasilan budidaya yakni dengan menerapakan ilmu genetika dan pemuliaan ikan untuk meningkatkan tingginya produktifitas melalui perbaikan genetik yakni input budidaya. Dengan mempelajari mata kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat mengetahui berbagai manfaat dan aplikasi ilmu genetika dan pemuliaan ikan pada bidang akuakultur.

Mata Kuliah ini akan membahas peranan dan pengaruh parameter kunci kualitas air dan cara pengelolaan kualitas air dan tanah dalam budidaya udang dan ikan

LATIHAN PEMBUATAN HAND OUT.pdfLATIHAN PEMBUATAN HAND OUT.pdf

Ekosistem mangrove memiliki peranan penting dan memberikan manfaat yang besar bagi kehidupan masyarakat khususnya yang berada disekitar pantai. Tanaman mangrove tumbuh pada pantai-pantai yang terlindung atau pantai-pantai yang datar, biasanya di sepanjang sisi pulau yang terlindung dari angin atau di belakang terumbu karang di lepas pantai yang terlindung. Pembahasan pada hand out ini akan memfasilitasi mahasiswa untuk memahami hutan mangrove dan secara spesifik akan membahas tentang defenisi hutan mangrove, sebaran dan identifikasi mangrove

Yulma-AA.pdfYulma-AA.pdf

Ekologi laut tropis merupakan faktor yang sangat penting dalam menentukan pencapaian tujuan yang telah di tetapkan dalam mengenal dan memahami mengenai pengertian ekologi dan terminology (ruang lingkup) dan batasan-batasan ekologi laut tropis meliputi populasi, komunitas, ekosistem dan jenis-jenis ekosistem di wilayah pesisir.  Jenis-jenis ekosistem di wilayah pesisir yaitu ekosistem pantai, ekosistem estuaria, ekosistem hutan mangrove, ekosistem terumbu karang, eksositem padang lamun, ekosistem pulau-pulau kecil.

Pertemuan ini akan menyajikan materi mengenai ekologi laut tropis meliputi (1) definisi ekologi, (2) Prinsip alami dalam ekologi , (3) Pembagian ekologi dalam produktifitas (4) definisi dan terminology populasi, komunitas dan Ekosistem, (5) Jenis-jenis ekosistem di wilayah pesisir.

Hand Out Gazali Salim Di kumpulkan 2015.pdfHand Out Gazali Salim Di kumpulkan 2015.pdf