Mata kuliah Agroklimatologi mencakup materi: Pendahuluan, atmosfer, faktor pengendali iklim, unsur (elemen) iklim dan mekanisme terjadinya variasi unsur iklim dipermukaan bumi (Radiasi matahari, suhu, evaporasi, kelembaban udara, angin,awan dan hujan). Pengetahuan alat-alat pengamat cuaca dan taman alat klimatologi. Klasifikasi iklim. Peranan iklim dalam kehidupan tanaman. Pemanfaatan data iklim dalam pembuatan perencanaan kegiatan di bidang pertanian, irigasi dan pembangunan; pengolahan data (agroklimat).Serta  Modifikasi iklim mikro.

Mata kuliah membahas tentang konservasi, khususnya konservasi tanah dan air. Pada mata kuliah ini, difokuskan pada upaya pengawetan tanah dan air, serta teknologi-teknologi pendukung untuk menentukn kawasan yang perlu untuk dilakukan upaya konservasi.

Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian

Pengertian, penyuluh pertanian dan komunikasi, tujuan, falsafah, fungsi dan prinsip penyuluhan pertanian, unsure-unsur penyuluhan pertanian (penyuluh, sasaran, materi, metode, waktu dan tempat penyuluhan). Unsur-unsur dan proses komunikasi, kelembagaan penyuluhan dan komunikasi pertanian, adopsi dan difusi inovasi pertanian, keefektifan komunikasi, bentuk komunikasi, teori dan model komunikasi, sistem suplai dan diseminasi informasi pertanian, pengambilan keputusan inovasi.

 

latihan bhn ajar.docxlatihan bhn ajar.docx

Ruang lingkup Ilmu Ekonomi Pertanian yang dapat diklasifikasikan mulai dari kegiatann berproduksi, konsumsi, dan pemasaran serta aspek lainnya yang mempengaruhi kegiatan tersebut seperti kebijakan pemerintah dan faktor eksternalitas dalam bidang pertanian

Kontrak perkuliahan.pdfKontrak perkuliahan.pdf