Mata kuliah ini membahas tentang konsep dasar keperawatan anak, konsep tumbuh kembang anak, dampak hospitalisasi pada anak yang dirawat, masalah kesehatan bayi resiko tinggi, asuhan keperawatan pada klien (Anak) dengan gangguan sistem pernapasan, pencernaan, persarafan, kardiovaskuler, hematology, perkemihan, dan integumen. mahasiswa akan diajarkan bagaimana cara menilai tumbuh kembang anak dan melakukan asuhan keperawatan pada anak sakit.

Mata Kuliah ini merupakan mata kuliah wajib universitas. Mata kuliah ini bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan karakter kepribadian khususnya aspek komunikasi meliputi keterampilan menyimak, berbicara, membaca dan menulis. Mata kuliah ini disusun untuk membekali mahassiswa baru dengan dasar-dasar komunikasi berbahasa Indonesia, baik secara lisan maupun tulisan.

Fokus mata kuliah ini membahas mengenai konsep keperawatan kesehatan jiwa, masalah kesehatan jiwa dalam rentang sehat jiwa sampai gangguan jiwa, pencegahan dan perawatan klien yang mengalami gangguan jiwa dengan menggunakan pendekatan proses keperawatan serta penerapan terapi modalitas. Proses pembelajaran memberikan pengalaman pemahaman dan ketrampilan klinis asuhan keperawatan jiwa melalui pengalaman belajar ceramah, pengalaman belajar diskusi, dan penghalaman belajar praktek. 

Mata kuliah ini menguraikan tentang komponen
keperawatan komunitas. Fokus mata ajaran ini membahas tentang konsep dasar
asuhan keperawatan komunitas beserta aspek-aspek yang berhubungan dengan
keperawatan kesehatan masyarakat. Peserta didik diberikan kuliah / ceramah,
melakukan diskusi dan diberikan penugasan terkait dengan konsep keperawatan
komunitas, kebijakan pemerintah, penerapan biostatistik sederhana, epidemiologi
dan demografi, hiperkes, konsep kerja tim dan pengorganisasian masyarakat dan
aspek –aspek kesehatan lingkungan. Proses pembelajaran ini diharapkan dapat
memberikan pengalaman belajar dalam memahami perawatan komunitas.

Mata kuliah ini memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada mahasiswa dalam memberikan asuhan keperawatan dan asuhan kebidanan terkait kondisi kegawat daruratan dalam bidang kesehatan yang sering kita temui di kehidupan sehari-hari.