Informasi Akademik

 
 
Picture of Shinta Wulandari
Electronic Learning UBT
by Shinta Wulandari - Wednesday, 25 November 2015, 1:49 PM
 

Teknologi komputer di masa kini memang sudah begitu maju. Komputer sering dimanfaatkan untuk mempermudah pekerjaan manusia agar cepat selesai. Tidak dapat diragukan lagi, bahwa komputer sudah menjadi hal yang penting bagi masyarakat di bumi ini, khususnya dalam bidang pendidikan. Peranan komputer di dunia tentulah memiliki kedudukan yang sangat penting. Dengan adanya komputer sebagai alat pembelajaran, ada juga Internet sebagai media pembelajaran. Internet yang sekarang sudah marak digunakan oleh berbagai kalangan, dari muda hingga tua, Internet menjadi sesuatu yang tidak asing lagi. Dengan Internet para peserta didik dapat berhubungan dengan teman-temannya untuk mengerjakan tugas-tugas yang diberi oleh dosen. Internet sebetulnya memiliki potensi yang lebih besar daripada itu.

Electronic learning (atau e-learning) merupakan kegiatan pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi informasi (komputer, jaringan Internet). Konsep e-learning terdiri atas 3 komponen, yaitu LMS, LCMS, dan Virtual Class. LMS atau Lecture Management System adalah suatu perangkat lunak atau program komputer (umumnya berbasis website) yang digunakan untuk mengelola materi bahan ajar dan proses serta kegiatan pembelajaran secara online. LCMS atau Lecture Content Management System merupakan alat atau sistem yang digunakan untuk mengelola bahan kajian dan menyusunnya menjadi suatu materi kuliah yang akan disampaikan melalui LMS. Sedangkan virtual class merupakan kelas virtual yang di dalamnya berisi peserta, pengajar, materi, dan proses pembelajaran seperti halnya kelas. Kelas virtual ini dikelola dengan menggunakan alat atau sistem LMS, sedangkan LCMS berfungsi untuk menyusun dan mengelola materi ajar.

Salah satu sistem berbasis komputer yang dapat digunakan untuk mengimplementasikan e-learning secara online, powerful, dan fleksibel adalah Moodle. Moodle singkatan dari Modular Object-Oriented Dynamic Learning Environment. Moodle bersifat program aplikasi yang open source dan free (gratis) di bawah ketentuan GPL (General Public License), dapat didistribusikan atau dimodifikasi di bawah ketentuan GNU General Public License sebagaimana dipublikasikan oleh Free Software Foundation.

(Edited by Julio . - original submission Kamis, 18 September 2014, 10:51)